Dengan Teknologi ACG Starter, Bikin Motor Matic Honda Tidak Bersuara Kasar
Setelah mesin hidup, aliran listik ke kumparan diputus. Fungsinya kembali menjadi alternator yang menghasilkan arus listik untuk disimpan ke aki.
"Motor ini sistem pengisiannya juga sudah tiga phase. Arusnya lebih stabil dan kecil kemungkinan akan tekor," jelas Endro sambil menunjukan aki Vario Techno 125 yang menggunakan spesifikasi 12 V–5 Ah.
Didukung Dekompresi dan Swing Back
Agar lebih mudah menghidupkan mesin, ACG starter juga didukung dengan dua komponen lainnya. Yaitu dekompresi dan swing back.
Dekompresi berfungsi untuk mengurangi atau membocorkan kompresi saat awal melakukan starter, efeknya proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan. Pada Vario Techno 125 dekompresi diatur oleh mekanisme di noken as.
Sedang swing back adalah posisi kruk as yang berputar ke arah berlawanan sebelum starter diaktifkan.
Gunanya untuk memberikan kesempatan pada piston mengambil ancang-ancang, sehingga mesin lebih mudah dihidupkan dengan daya lebih kecil.
TAGS
teknologi motor honda teknologi motor matik honda Teknologi Motor sport ACG Starter ACG Starter Honda
Artikel Lainnya

Rawat Rem Sepeda Motor, Untuk Kenyamanan

Motor Tiba-Tiba Boros Bensin? Mungkin
_250_150.jpg)
Segini Harga Motor Ducati Desmosedici

Mudik Makin Irit Dengan Tekanan Angin
1_250_150.jpeg)
Waspada Gunakan Oli Tidak Sesuai

Mitos Fakta, Memanaskan Motor Bisa Bikin

Bengkel of The Month Februari 2024,
