Setel Klep Honda BeAT-FI Bisa Dilakukan Sendiri
Lepas tutup cylinder head menggunakan kunci L 6, dan posisikan noken-as ke kondisi top.
Nah, kini mesin telah terpampang jelas, langkah berikutnya lepas tutup cylinder head menggunakan kunci L 6. Selanjutnya tinggal memposisikan noken-as ke kondisi top, indikatornya bisa dilihat pada bagian gir noken-as, “lambang bulatan harus benar-benar pas mengarah kedepan,” tegas Winaryanto.
Lakukan dengan cara menekan kick stater secara perlahan, agar lebih mudah baiknya lepaskan busi terlebih dahulu. “Kalau tidak dilepas juga tidak apa-apa. Saat sedang mencari top noken-as, tahan putaran gir menggunakan tangan agar posisi top tidak terlewat, jika terlewat putar lagi.
Jangan sesekali membalikannya jika terlewat, karena noken-as dilengkapi dengan ADS (automatic decompression system) membuat klep buang jadi sedikit terangkat. "Indikasinya saat menggoyangkan rocker arm terasa kencang seperti tidak ada celah,” terang Winaryanto.
Saat sudah posisi top, selipkan feeler guage diantara celah ujung klep dan baut klep, sesuai dengan buku manual lagi, jarak kerenggangan klep tercatat 0,16mm ± 0,02mm baik untuk klep masuk dan buang.
Plus minus dimaksudkan untuk batas atas dan batas bawah, “itu angka toleransi, jika feeler gauge sudah tidak kumplit misal tidak punya ukuran 0,16mm bisa gunakan batas toleransi itu, boleh 0,18mm atau 0,14mm,” urai Winaryanto.
Itu baru tahap pengecekan, jika terlalu renggang segera lakukan penyetelan, kendurkan mur setelan klep menggunakan kunci 8, putar baut setelan pakai kunci khusus sampai feeler guage sampai terasa seret dan masih bisa dicabut. Putar kembali kunci 8 agar mur kembali kencang.
Pasang kembali beberapa komponen yang sudah dilepas, tidak terlalu rumit kan?