Menilik Perjalanan Yamaha Mio dalam 10 Tahun
Ramainya pasar motor matik yang ada hingga saat ini memang tak bisa dilepaskan dari nama Yamaha Mio. Pasalnya, Mio menjadi skutik pertama yang dijejali untuk konsumen Tanah Air.
Di awal kemunculannya pada 2003 silam, Yamaha Mio identik sebagai motornya wanita. Yamaha sendiri lantas mengakomodasi keinginan pada lelaki dengan melansir Mio Soul di tahun 2006.
Penjualan Mio pun terbilang fantasis. Di awal kemunculannya pada 2003, Mio sudah terjual sebanyak 2.972 unit. Namun di tahun berikutnya, penjualan skutik ini bahkan mencapai 46.045 unit. Dan, luar biasanya lagi angka tersebut terus meningkat hingga 1 jutaan dan itu dimulai pada tahun 2009.
Tidak berhenti dengan itu, Yamaha lantas melakukan perubahan dengan menghadirkan Mio dengan mesin baru berteknologi injeksi yang hadir pada tahun 2012. Di tahun itu, Yamaha Mio J series sudah terjual sebanyak 605.833 unit. Sementara di periode Januari-April 2013, Mio J baru terjual 161.866 unit.
Jika ditilik ke belakang, sejak 2003 hingga April 2013, Yamaha Mio telah terjual sebanyak 7 juta unit. Tak hanya Mio J, Yamaha juga punya pendamping lainnya yaitu Mio Fino, Mio GT dan Soul GT.
”Kian berkibarnya Mio dan tren matik dikembangkan lagi oleh Yamaha di 2012. Tahun itu merupakan puncak pembaharuan Mio dengan lahirnya keluarga baru matik primadona ini. Mio Fino dan Mio J meluncur tahun lalu, menyusul Mio GT di tahun ini yang mendapatkan respon positif dari konsumen,” ungkap Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).