Beranda / Berita / Pilkada Setentak 2015

Ini Fakta-Fakta Pilkada 2015

Tanggal : , Penulis : adit

Ini Fakta-Fakta Pilkada 2015

Hari Rabu, 9 Desember 2015 merupakan hari bersejarah bagi Bangsa dan Negara Indonesia, karena di hari ini diadakan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak. Pilkada merupakan hal penting bagi kemanjan Bangsa dan Negara karena ini merupakan proses pemilihan kepala daerah yang akan memimpin untuk memajukan pembangunan di daerah.

Berikut fakta-fakta mengenai Pilkada 2015 ;

- Bukan Pilkada serentak yang pertama, pada 2006 Pilkada serentak telah dilakukan di Aceh meliputi pemilihan Gubernur dan Kepala Daerah di 19 Kabupatan/Kota, meski saat itu cakupannya tingkat provinsi.
- Pada 2010 Pilkada serentak juga diadakan di Provinsi Sumatera Barat, sebanyak 17 Kabupaten/Kota melakukan Pemilihan Kepala Daerah secara bersamaan.
- Pilkada 9 Desember 2015 merupakan kali pertama dilakukan Pemilihan Kepala Daerah secara Nasional.
- Pada Pilkada 2015 berlangsung 269 pemilihan Kepala Daerah di hari yang sama.
- Sebanyak 9 pemilihan tingkat Provinsi (pemilihan Gubernur), 30 pemilihan tingkat Kotamadya (pemilihan Walikota) dan 224 pemilihan tingkat Kabupaten (pemilihan Bupati) berlangsung pada Pilkada 9 Desember 2015.
- Pilkada serentak di seluruh Indonesia baru akan terjadi pada 2027 mendatang.

Mengapa Pilkada serentak di seluruh Indonesia baru akan berlangsung 2027 nanti, alasannya adalah karena sebelumnya pemilihan berlangsung pada waktu yang berbeda-beda, sehingga akhir masa jabatan para bupati/walikota dan gubernur berbeda-beda pula.

Menurut keputusan Mahkamah Konstitusi, masa jabatan tidak boleh dipotong sehingga pengaturan dilakukan bertahap. Adapun bagi kepala daerah yang masa jabatannya berakhir menjelang 2027 nanti, dia akan digantikan pejabat kepala daerah hingga berlangsungnya Pilkada Serentak 2027.
 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine