Beranda / Berita / Komparasi

Komparasi Tiga Skutik 110 cc Injeksi (bagian 6)

Tanggal : , Penulis : admin

Komparasi Tiga Skutik 110 cc Injeksi (bagian 6)

Enggak kalah pentingnya dengan posisi duduk, penilaian mengenai handling Yamaha Mio J, Honda BeAT FI dan Suzuki Nex FI juga berdampak pada kenyamanan saat riding. Ketiganya punya ciri khas masing-masing lho.  

Suspensi depan Honda BeAT FI cukup oke, jarak mainnya panjang juga bebas dari bunyi-bunyian aneh. Ketika melewati jalanan rusak atau speed trap, enggak bikin tangan pegal.

Tapi yang belakang jelas sekali Honda ingin mengutamakan kenyamanan. Kadang terasa terlalu empuk, terasa mengayun berlebih ketika lewat polisi tidur, tapi ketika boncengan baru deh terasa pas redamannya.

Dipakai menikung atau zig-zag diantara kemacetan, masih tergolong lincah. Menikung kencang pun suspensinya secara over all masik tergolong oke, ban menapak sempurna. Remnya juga istimewa, khususnya yang mengadopsi combine brake system (CBS), pakem dan bikin pede.

Dengan CBS, sekali tarik rem belakang, maka secara otomatis rem depan juga ikut bekerja. Distribusi pengereman selalu ideal juga mencegah roda belakang terkunci.

Suspensi depan dan belakang Mio J tergolong agak keras dengan jarak main tidak terlalu panjang. Tapi untuk menikung di jalanan halus jadi lebih tenang. Untungnya joknya paling empuk, guncangan jalan rusak ke badan jadi tidak terlalu terasa. Rem depan-belakangnya juga pakem, oke lah untuk harian!

Suzuki Nex FI paling heboh diajak jalan-jalan. Bobotnya ringan membuat karakter lincahnya makin mudah ditekuk kanan-kiri. Ketemu kemacetan enggak ada masalah.

Tapi waktu full throttle dan speedometer menunjukan angka 90-100 km/jam, motor terasa goyang. Apalagi kalau jalan yang dilalui tidak terlalu rata, akan makin terasa. Maklum bobotnya enggak sampai 90 kilogram.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine