Pahami Struktur Ruang Oli Motor Matic
Berbeda dengan sepeda motor manual, sepeda motor jenis skutik yang saat ini booming di pasar Nasional memiliki struktur mesin yang berbeda dengan motor manual. Pada mesin motor skutik, oli berfungsi untuk melumasi mesin dan transmisi artinya keduanya terpisah.
"Tidak seperti motor manual yang oli mesin sekaligus oli transmisi, di motor matic ada pemisahan antara ruang mesin dan transmisi, oleh sebab itu membutuhkan dua oli yang berbeda. Keduanya membutuhkan dua jenis oli yang berbeda pula,” ujar Adie TJ dari Teluk Jambe Motor, Karawang.
Perlu diperhatikan bahwa kedua oli yang bebeda jenis dan fungsi ini menuntut perawatan yang berbeda pula. Berbeda dengan oli mesin, oli transmisi memiliki umur pakai yang lebih panjang, karena tugasnya ‘hanya’ melumasi gesekan antar transmisi, tidak seperti oli mesin yang harus meredam panas ruang bakar.
Meski begitu banyak pemilik motor matic yang lalai akan perawatan oli transmisi, salah satunya lupa mengganti oli transmisi karena masa pakainya yang bisa sampai 20.000 km. Jadi jangan anggap remeh penggantian berkala oli transmisi, salah-salah, motor matic Feders tidak akan enak dikendarai.
"Baiknya tiap tiga kali penggantian oli mesin dibarengi dengan penggantian oli transmisi untuk menjaga kealpaan pemilik maupun mekanik," tutup Adie. (federaloil.co.id)
Artikel Lainnya

Makin Nyaman Pakai Federal Matic, dan

Federal Oil™ Kembali Distribusikan

Tips Merawat Lapisan Krom di Musim Hujan

Salah Memilih Oli Ternyata Bisa Buat

Ribuan Hadiah Menanti di Nyaman
1_250_150.jpeg)
Empat Cara Simpan Oli Mesin Agar Tetap
_250_150.jpg)
CVT Matic Berdengung? Mungkin Ini
