Beranda / Berita / Federal Oil

Touring Pertama Di Indonesia, Jakarta ke Surabaya 20 Jam

Tanggal : , Penulis : adit

Touring Pertama Di Indonesia, Jakarta ke Surabaya 20 Jam

Touring atau berkendara jarak jauh menjadi kegemaran komunitas motor atau pun personal pengendara motor, tapi siapa yang tahu bahwa di Indonesia kegiatan ini sudah jauh hari dilakukan, tepatnya 7 Mei 1917 pertama kalinya touring menggunakan sepeda motor dilakukan.

Adalah Gerrit de Raadt yang mengendarai sepeda motor Reading Standart dengan rute Jakarta - Surabaya yang ia tempuh dengan wakru 20 jam dan 45 menit ini. Jarak tempuh lebih dari 850 km ini berhasil memecahkan rekor pernalanan mengendarai sepeda motor terjauh saat itu.

Sepuluh hari kemudian duet Frits Sluijmers dan Wim Wygchel secara bergantian mengendarai motor Excelsior mempertajam rekor tersebut.

Dasar tidak mau tersaingi, Gerrit de Raadt lantas kembali memperbaiki rekornya sekaligus mengalahkan pencapaian Frits dan Wim. Pada 18 Agustus 1932 dengan rute yang sama Gerrit berhasil menempuhnya dengan waktu 10 jam 1 menit. Catatan ini tidak lebih dari setengah catatan waktu pertamanya.

Kala itu perjalanan touring lebih kepada pemecahan rekor waktu tempuh. Saat ini kegiatan touring dilakukan lebih kuat unsur rekreasi dan refresing. (federaloil.co.id)

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine