Beranda / Berita / Penyebab

Penyebab CVT Bunyi, Akibat Perlakuan yang Salah!

Tanggal : , Penulis : admin

Penyebab CVT Bunyi, Akibat Perlakuan yang Salah!

Pemilik skutik yang sering kali menggunakannya untuk menempuh perjalan jauh, pasti pernah mengalami kondisi ini. Muncul suara berisik dari CVT dan ini tidak bisa jadi masalah serius bagi anda.

Seperti juga yang diungkap oleh salah seorang mekanik bernama Ahmad Sholahudin ini. Banyak konsumen yang datang dan mengeluhkan kondisi tersebut.

“Biasanya suara berisik di CVT muncul karena karet V-belt aus, roller peyang, grease CVT kering, atau bisa juga karena CVT kotor,” beber mekanik bengkel Bukit Jaya Motor di Jl. Raya Bukit Cinere No. 34, Jakarta Selatan.

Penyebab utamanya adalah panas berlebih yang muncul saat CVT kerja keras. Lebih mudah muncul jika menemui jalan menanjak dan macet. Biasanya pengendara memanfaatkan putaran mesin untuk menahan laju motor agar tidak mundur.

Padahal, hal itu justru menyiksa kerja CVT sebagai penyalur tenaga ke roda. Manfaatkanlah fungsi rem untuk menahan motor saat di jalan menanjak.

Langkah yang harus dilakukan, membongkar CVT dan cek part satu persatu. Periksa roller masih mulus atau tidak. Lanjutkan memeriksa karet V-belt dengan cara dibalik, periksa setiap lekukan. “Pastikan tak ada retak yang berpotensi membuat V-belt putus,” saran Ahmad.

Jika roller dan karet CVT masih bagus, lanjutkan pemeriksaan ke grease yang menjadi pelumas di area CVT. Panas berlebih membuat grease cepat kering dan bisa jadi penyebab bunyi-bunyian di area CVT.

Ingat, grease alias gemuk yang digunakan juga khusus. Biasanya dijual dengan harga Rp 8 ribu sepasang, untuk primer dan sekunder.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine