DETAIL NEWS

Jawa 350 Special Edition, Buah Karya Mahindra & Mahindra

Date : 16 Mei 2018 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 82

 
Raja otomotif India Mahindra & Mahindra telah memperkenalkan motor Jawa 350 Special Edition terbaru untuk pasar Eropa.
 
Jawa yang merupakan brand motor asal Republik Ceko telah diakuisisi beberapa waktu lalu oleh perusahaan asal India.
 
Motor ini dibuat untuk mengenang kejayaan moto Jawa di era balap di tahun 1970-an silam.
 
Desain motor sepenuhnya menggunakan full fairing dengan konsep cafe race, skema warna retro yang dipadukan dengan penggunaan aksen krom pada beberapa komponen.
 
 
Menggunakan lampu utama bulat, jok datar, buntut tawon dan penggunaan double mufler sebagaimana tampilan khas motor balap di jamannya.
 
Motor ini juga 10kg lebih berat dari versi 350 OHC produksi sebelumnya (171kg), juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar 17 liter.
 
Seperti dilansir laman Zigwheels.com motor replika balap ini menggunakan mesin berkapasitas 397cc berpendingin udara, unit injeksi bahan bakar sama dengan yang digunakan pada Jawa 350 OHC. 
 
Tapi sayangnya mesinnya tersebut diproduksi oleh produsen Cina Shinray sementara sistem injeksi bahan bakarnya dibuat oleh Delphi. 
 
Mesin ini menghasilkan 28PS power dan 30.6Nm torsi.
 
Dua tahun lalu, Mahindra & Mahindra mengakuisisi 60 persen saham Class Legends Private Limited asal Inggris, yang merupakan pemegang brand Jawa dan BSA.
 
Dari kedua brand legend ini, Mahindra berencana membawa Jawa ke India sementara BSA mungkin ditujukan untuk pasar luar negeri seperti Amerika Serikat dan Inggris.
 
Mahindra jelas berharap bahwa lineup Jawa mungkin mengganggu pengaruh Royal Enfield yang tumbuh di segmen ini. 
 
Maka dari itu besar kemungkinan motor ini untuk sementara tidak akan di jual di India.
 
Sayangnya motor ini menggunakan mesin China yan tentunya mengurangi nilai historis, dan untungnya desain mesin yang sepertinya enggak seantik Royal Enfield ini tidak kelihatan karena tertutup fairing. (federaloil.co.id)