DETAIL NEWS

Pasca Gunung Agung Meletus, Jangan Lupa Untuk Ganti Komponen Motor Ini

Date : 03 Dec 2017 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 171

Foto : detik.com

Feders, akibat erupsi Gunung Agung Bali yang mengeluarkan asap tebal, banyak motor yang harus berjalan dalam keadaan debu gunung yang cukup tebal, khususnya untuk Feders yang tinggal di kawasan Bali.

Dalam kondisi ini resiko kerusakan motor menjadi besar.

Nah untuk para pengguna sepeda motor, ada satu cara sederhana yang bisa mengurangi kerusakan komponen motor.

Seperti yang disampaikan Service Advisor (teknisi) Cilangkap Mas Motor, Ramdani, kepada detikOto.

"Kalau motor sih terkena debu tidak terlalu berdampak bagaimana-bagaimana. Tapi kalau sudah masuk filter nya, nah ini yang harus diperhatikan," kata Ramdani.

Ramdani, mengatakan saat motor terkena asap ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

(BACA JUGA : Cara Membersihkan Busi Motor yang Salah, Tapi Sering Dilakukan)

"Pertama-tama cek dulu di bagian filter. Takutnya debu masuk di sana dan menghalangi kinerja motor. Karena kan dia yang menyalurkan bensin ke mesin. Biasanya, kalau motor yang filternya sudah kemasukan debu dan kotor, dia bakalan brebet. Kekuatannya tidak sesuai lagi dengan biasanya," ujarnya.

Ramdani pun coba mengatakan dampak apa yang akan dialami jika filter udara sudah kemasukan debu hasil erupsi gunung berapi.

(BACA JUGA : Pecinta Vespa Wajib Lihat ini, Bisa Jadi Inspirasi buat Kado Lamaran)

"Motor bakalan brebet dan bila dibiarkan tentu akan sering mogok-mogok.
Untuk penanganan pertama, langsung bersihkan saja dulu. Nanti, segera langsung diganti. Tapi kalau motornya masih pakai karburator, itu dibersihkan saja cukup. Jadi tidak terlalu masalah untuk motor yang berkarburator," katanya.

"Ada jangka waktunya, lebih cepat lebih baik. Karena apabila dibiarkan, kotoran akan menumpuk disana. Akibatnya motor akan mogok dan tentu, harus diservis nantinya. Ya paling tidak seminggu-dua minggu lah. Tapi tergantung dengan seberapa banyak kotoran yang masuk disana. Intinya, langsung ditindak saja agar tidak mengeluarkan biaya tambahan," tambahnya. (Federaloil.co.id)