Beranda / Berita / Federal Oil

Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco, Ini dia alasannya

Tanggal : , Penulis : tigor

Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco, Ini dia alasannya

Seperti yang di katakan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, yang mengimbau agar pengendara motor wajib mengenakan safety gear yang layak karena terkait dengan kesehatan dan keselamatan, seperti jas hujan model two piece dan menghindari penggunaan jas hujan ponco.

"Jas hujan ponco yang berkibar-kibar membahayakan pengendara karena bisa masuk ke rantai." 

"Selain itu, jas hujan ini resistensi airnya kurang sehingga pengendara akan selalu basah," ungkap Jusri pada liputan6.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, penggunaan jas hujan ponco juga tak aman karena dapat menutupi lampu belakang, sehingga pengendara lain bisa terhalang lampu penanda rem.

(BACA JUGA : Begini Jadinya Jika Komunitas Vespa Ikut Gelaran Safety Riding, Keren!)

Lebih lanjut, Jusri menurutkan, jas hujan sebaiknya berwarna cerah, seperti putih, kuning, oranye, atau hijau. Warna mencolok akan memudahkan visibilitas pemotor lain, terutama oleh pengendara mobil besar.

"Pengendara motor saat melintasi hujan badai visibilitasnya akan berkurang (oleh pengemudi). Jas hujan berwarna cerah akan membantu keselamatan pemotor di jalan," jelasnya.

Selain masalah jas hujan, pengendara sepeda motor juga harus mengenakan sepatu berupa boot, terlebih saat akan menerabas hujan.

(BACA JUGA : Cool! Pabrikan Ban Ini kembali Sponsori MotoGP untuk Tahun 2018)

Sedangkan sepatu kantor atau casual dapat disimpan di bagasi sepanjang perjalanan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine