Beranda / Berita / Federal Oil

Kapan Waktunya Mengganti Minyak Rem?

Tanggal : , Penulis : tigor

Kapan Waktunya Mengganti Minyak Rem?

Maka dari itu harus di beri perhatian dan perawatan ekstra seperti kompinen pada moto lainnya.

Perhatian ekstra dibutuhkan, mulai dari brake pad alias kampas rem hingga kontrol viskositas minyak rem.

Manfaat minyak rem adalah sebagai pelumas pada komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan agar logam tersebut tidak mudah aus, tahan panas.

(BACA JUGA : Selain Tapak Lebar, Ini dia Fitur-fitur Unggalan Yamaha New Fino 125 Blue Core)

Untuk mengetahui minyak rem sudah berkurang dapat dilihat melalui tabung minyak rem pada master rem, atau dapat dirasakan juga bila saat melakukan pengereman handle rem terasa keras.

Jika minyak rem habis , akan menyebabkan piston kaliper tidak bisa berfungsi secara maksimal dan bisa menyebabkan bagian rem berkarat.

Budi, mekanik Bumen Jaya Motor mengatakan, minyak rem umumnya tidak habis tapi hanya berkurang, namun berkurangnya bukan karena terjadi penguapan, menurut Budi, berkurangnya minyak rem bisa disebabkan karena kampas rem sudah mulai menipis.

(BACA JUGA : Host Cantik MotoGP Ini Gemar Merawat Keindahan Tubuh, Lihat Caranya Yuk...)

“Kalau habis sih jarang ya, paling hanya berkurang saja itu karena kampas rem sudah menipis. Karena pada saat kampas rem sudah menipis, piston kaliper akan mendorong lebih dalam, tapi jika kampas rem diganti baru dia akan kembali normal,” buka Budi, seperti dikutip dari dapurpacu.com.

Budi menambahkan, kalau kampas rem sudah diganti tapi minyak rem masih tetap berkurang, ada beberapa komponen di bagian rem yang sudah tidak bagus, seperti sil kaliper yang sudah bocor.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine