DETAIL NEWS

Menilik Fungsi Engine Cut Off, Enggak Sekedar Tombol Pengaman

Date : 11 Oct 2017 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 1082

 

 
Feders, buat para pengguna motor sport pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah engine cut off (ECO), atau engine stop, tombol untuk mematikan mesin sepeda motor dengan cara sekali pencet. 
 
Tombol ini biasanya diletakkan pada bagian holder kemudi sebelah kanan, pengendara tanpa perlu memutar kontak untuk mematikan mesin sepeda motor.
 
Secara garis besar, tujuan pemasangan fitur untuk keamanan, supaya mesin lebih cepat dimatikan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti motor roboh, atau hal lain agar motor tidak liar melesat dengan sendirinya.
 
 
Namun perlu diketahui bahwa tidak semua sepeda motor bawaan pabrikan memiliki fitur ini, seperti pada motor jenis bebek dan juga matic pastinya kita tidak akan menemukan fitur tersebut, kecuali jika memang dipasang sendiri sebagai aksesoris tambahan. 
 
Tapi untuk motor sport atau motor laki yang memiliki kubikasi mesin mulai 150cc ke atas rata-rata secara pabrikan sudah dipasang fitur juga disebut engine kill.
 
 
Mengingat tidak semua sepeda motor dipasangi dengan fitur ini, sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan dari dipasangnya dan tidaknya fitur ini pada sepeda motor? Sehingga kita bisa menentukan penting atau tidaknya.
 
Kelebihan 
 
Untuk kelebihannya sendiri dalam beberapa informasi yang tertulis dalam laman website otosia.
 
 
Kelebihan yang pertama yakni sepeda motor lebih cepat untuk dimatikan meskipun kondisi persneling belum netral sebab untuk motor sport perlu menekan tuas kopling terlebih dahulu dalam setiap perpindahan gigi transmisinya.
 
Untuk yang kedua, konsumsi bahan bakarnya lebih hemat, terutama ketika digunakan berkendara dalam kondisi jalan yang macet, mesin bisa dimatikan ketika kendaraan berhenti sambil menunggu jalan lancar.
 
 
Selanjutnya mesin bisa dimatikan secara mendadak ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat berkendara seperti kecelakaan.
 
Adakah kekuranganya? Tidak ada tentunya. (Federaloil.co.id)
 

 

Ingin Hadiah 1 Miliar? Klik di sini