Beranda / Berita / Federal Oil

Bikin Sim International Ala Komunitas Yamaha RX-King, Begini Caranya

Tanggal : , Penulis : tigor

Bikin Sim International Ala Komunitas Yamaha RX-King, Begini Caranya

Sudah banyak pula klub atau bahkan pengendara perorangan yang melakukan jalan jauh semacam ini.

(BACA JUGA : Motor Bebek Legendaris Honda mau Diproduksi Ulang, Calon Cellector Item Nih..!!)

Salah satu informasinya bisa dinukil dari klub Yamaha RX King Indonesia (YRKI) yang beberapa waktu lalu bahkan menjajal tol di Malaysia dan sampai menembus Thailand.

Seperti dikutip dari Otosia.com, langkah pertama adalah mendatangi Markas Besar Korlantas Polri di Jalan MT Haryono untuk membuat SIM internasional yang memang sesuai peraturan internasional untuk mengendari kendaraan, dalam hal ini sepeda motor, di suatu negara.

(BACA JUGA : Dek Matik Kusam Karena Baret? Ini dia Rahasianya Supaya Mulus Lagi)

Persyaratan yang harus dilengkapi adalah fotokopi SIM C, KTP, dan paspor yang masih berlaku serta foto berwarna 4 x 6 sebanyak 4 Lembar.

Untuk sepeda motor, misalnya, ada biaya yang perlu dikeluarkan, yakni sebesar Rp 250.000.

Aturan lain yang mesti dipenuhi ketika melakukan touring lintas negara adalah menembus kantor gerbang perbatasan (border). Misalnya, ketika tim YRKI akhirnya di Kedah yang merupakan perbatasan Malaysia dan Thailand , 2 km sebelum masuk border, tim GTB dan RMB membuat Insurans Thailand (asuransi) dengan biaya RM 33.

(BACA JUGA : 5 Alasan Kenapa Kita Harus Turing ke Gunung Kidul)

Di luar itu, semua administrasi disiapkan, dari paspor, SIM internasional, STNK, dan BPKB. Jangan lupa pula untuk tukar uang di money changer ketika pindah negara.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine