Beranda / Berita / Fungsi

Fungsi Penting Kiprok pada Motor, Bisa Sebabkan Motor 'Ogah' Distarter

Tanggal : , Penulis : adit

Fungsi Penting Kiprok pada Motor, Bisa Sebabkan Motor 'Ogah' Distarter

Kiprok atau dalam bahasa teknik disebut regulator rectifier memiliki fungsi penting pada sepeda motor, karena kiprok berfungsi sebagai penstabil arus listrik yang datang dari proses pengolahan listrik dari rotor (spul) dan stator (magnet).

Jika part tersebut bermasalah, efeknya akan mempengaruhi kinerja beberapa komponen motor. Apalagi untuk motor injeksi yang amat 'menggantungkan diri' pada arus listrik.

"Penting diketahui salah satu fungsi kiprok adalah sebagai alat untuk merubah arus boleh balik (AC) menjadi arus satu arah (DC). Kemudian fungsi lainnya sebagai penstabil aliran voltase, jadi kiproklah yang mengatur arus tersebut. Jika kiprok rusak, biasanya terjadi over charge atau under charge pada aki," terang Josep Tan selaku Instruktur Training Suzuki 2W 

Josep pun menambahkan bahwa secara umum akan ada perubahan yang sangat signifikan, antara lain motor menjadi susah di starter. 

Ia pun menyarankan untuk langsung diperiksa jika merasakan hal 'aneh' lainnya yang berhubungan dengan kelistrikan motor, yang biasanya dimulai dengan gejala voltase yang tidak stabil.

Untuk mendeteksinya adalah ditandai denganlampu utama motor akan cepat putus, hal itu dikarenakan ada over charge pada aki, jadi voltasenya melebihi batas. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine