Beranda / Berita / Semprot

Semprot Lubang Oli Saat Ganti Oli Motor, Jangan Pakai Tekanan Tinggi

Tanggal : , Penulis : adit

Semprot Lubang Oli Saat Ganti Oli Motor, Jangan Pakai Tekanan Tinggi

Lazimnya 'ritual' penggantian oli motor adalah meyemprot lubang pengisian oli dengan angin bertekanan dari kompresor untuk membuang sisa-sisa oli lama yang masih mengendap di ruang mesin dan komponen mesin.

Ternyata cara ini beresiko Feders, hal ini memicu kotoran dalam besin tersebar, "Jika menggunakan semprotan angin dengan kekuatan yang besar, kotoran-kotoran didalam mesin justru akan tersebar ke seluruh bagian mesin, apalagi ketika filter oli masih terpasang," kata Haris, mekanik dari Federal Oil Center Gemilang Motor, Purwakarta.

Jika ingin melakukan penyemprotan, baiknya tidak dengan tekanan yang tinggi, lebih baik jika filter oli dilepas dulu sembari embersihkan peranti penyaring kotoran ini. Atau jika ingin benar-benar aman, jangan lakukan penyemprotan, namun tentu saja membutuhkan waktu yang agak lama untuk memastikan oli benar-benar keluar semua dari ruang mesin.

Jika kotoran dalam filter oli tersebar maka kinerja pelumasan tidak akan maksimal, itu sebabnya pula filter oli yang terbuat dari bahan sejenis kertas memiliki masa pakai agar kotoran yang tersaring tidak bersirkulasi dengan oli, jika filter tebuat dari bahan metal, ada waktunya membersihkan peranti ini.

Yag pasti menyemprotkan angin komresor pada lubang oli boleh-boleh saja asalkan tidak terlalu besar tekanannya. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine