h-latestnews
Date : 26 Feb 2017 , Post Via : Federal Oil Team, Views : 428

Dua Ruang Oli Motor Matic, Beda Fungsinya



Berbeda dengan sepeda motor manual, sepeda motor jenis skutik yang saat ini booming di pasar Nasional memiliki struktur mesin yang berbeda dengan motor manual. Pada mesin motor skutik, oli berfungsi untuk melumasi mesin dan transmisi artinya keduanya terpisah.

"Tidak seperti motor manual yang oli mesin sekaligus oli transmisi, di motor matic ada pemisahan antara ruang mesin dan transmisi, oleh sebab itu membutuhkan dua oli yang berbeda. Keduanya membutuhkan dua jenis oli yang berbeda pula,” ujar Adie TJ dari Teluk Jambe Motor, Karawang.

Perlu diperhatikan bahwa kedua oli yang bebeda jenis dan fungsi ini menuntut perawatan yang berbeda pula. Berbeda dengan oli mesin, oli transmisi memiliki umur pakai yang lebih panjang, karena tugasnya ‘hanya’ melumasi gesekan antar transmisi, tidak seperti oli mesin yang harus melumasi ruang bakar yang memiliki panas jauh lebih tinggi dibanding ruang transmisi.

Meski begitu banyak pemilik motor matic yang lalai akan perawatan oli transmisi, salah satunya lupa mengganti oli transmisi karena masa pakainya yang bisa sampai 10.000 km. Jadi jangan anggap remeh penggantian berkala oli transmisi, salah-salah, motor matic Feders tidak akan enak dikendarai.

"Baiknya tiap tiga kali penggantian oli mesin dibarengi dengan penggantian oli transmisi untuk menjaga kealpaan pemilik maupun mekanik," tutup Adie. (federaloil.co.id)

oil suggestion