Beranda / Berita / Semakin

Semakin Panas Motor Matic Semakin Loyo, Ini Cara Mengatasinya

Tanggal : , Penulis : adit

Semakin Panas Motor Matic Semakin Loyo, Ini Cara Mengatasinya

Pernahkah anda merasakan performa motor terasa menurun saat kondisi mesin panas? Menurut Mardiani Indriastuti,  Product and Field Marketing Manager Federal Oil, oli memiliki 9 aditif. Salah satunya adalah viscosity improvers.

“Kejadian tersebut tergantung komposisi viscosity improvers dalam pelumas yang berfungsi untuk menjaga stabilitas viskositasnya. Setiap merek pelumas memiliki komposisi yang berbeda-beda,” jelas Mardiani Indriastuti yang akrab disapa Dani ini.

“Saat panas, viskositas memang lebih mudah drop. Ketika panas, oli akan makin encer sehingga perlindungan terhadap gesekan jadi makin tipis,” sambungnya. Makanya, selain performanya menurun, kadang suara mesin jadi lebih berisik.

Komposisi aditif yang digunakan oleh produsen pelumas juga berbeda, sisi mana yang akan diunggulkan. Seperti pada Federal Matic, sudah pasti mengunggulkan kekuatan menahan suhu panas dalam mesin.

"Kami melihat karakter sepeda motor di Indonesia. Selain iklim tropis yang relatif panas, motor jenis matik juga cenderung memiliki panas mesin yang lebih tinggi," jelas wanita ramah ini. Konstruksi mesin matik yang tersembunyi di balik bodi membuatnya lebih panas karena tidak langsung terpapar udara saat motor mulai berjalan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine