Beranda / Berita / Perawatan Motor Matic

Motor Matic Kamu Boros ? Ini Caranya Agar Irit Bahan Bakar

Tanggal : , Penulis : adit

Motor Matic Kamu Boros ? Ini Caranya Agar Irit Bahan Bakar

Sepeda motor tipe matic memang banyak digunakan oleh bikers di Indonesia karena memiliki keunggulan mudah dikendarai. Namun banyak yang menyebut kalau motor matic tunggangannya boros bahan bakar, parahnya lagi tenaga yang dihasilkan jauh menurun dari kondisi aslinya.

Untuk itu ada beberapa tips yang layak kamu coba Feders, untuk soal irit tidaknya bahan bakar tentu kembali lagi dari karakter penggunannya, berikut ini ada beberapa poin yang dapat membuat motor matic kamu irit bahan bakar

1. Berkendara dengan konstan

Maksudnya adalah tidak merubah laju motr matic kamu secara tiba-tiba, karena ini berhubungan dengan sistem transmisi motor matic itu sendiri. Dengan menggunakan motor secara halus maka komponen mesin dan tranmisinya akan terjaga lebih awet.

2. Jangan membawa bobot berlebih

Motor matic memang memiliki kelebihan dbanding motor lainnya, selain penggunaaannya mudah karena tidak perlu mengper gigi dan mengatur kopling, ruang dek yang luas menjadikan motor ini leluasa membawa barang-barang. Namun ingat, jangan bawa barang dengan beban berlebih, selain akan membuat motor matic tidak awet juga berbahaya untuk keselamatan.



3. Periksa peranti transmisi

Komponen-komponen pada sistem transmisi memiliki kerja yang amat berat, oleh sebab itu periksalah selalu kondisinya, jangan biarkan salah satu komponen tersebut dalam kondisi yang tidak baik, karena akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti oli transmisi, Federal Oil Gear Matic adalah pilihan tepat untuk melindungi transmisi motor kamu.

4. Ganti oli secara rutin

Perhatikan jadwal ganti oli motor matic kamu, lakukan seara rutin dan tentu saja gunakan oli berkualitas yang memang diriset untuk sepeda motor jenis matic. Seperti line up Federal Matic dari Federal Oil yang diciptakan khusus untuk spesifikasi motor matic di Indonesia dengan kondisi iklim negeri ini yang akan membuat motor matic kami menjadi spesial. Untuk cari tahu Federal Oil jenis apa yang cocok untuk motor kamu, silakan klik disini.

5. Periksa kondisi accu

Motor Matic jenis terbaru sudah mengaplikasi injeksi pada sistem pemasukan bahan bakarnya. Injeksi merupakan teknologi canggih yang membuat kinerja motor menjadi lebih efisien. Namun patut diingat bahwa injeksi merupakan peranti elektronis  yang kinerjanya bergantung pada arus listrik yang stabil. Untuk itu selalu periksa kondisi accu motor matic kamu agar dalam kondisi optimal sehingga injeksi dan peranti elektronik lainnya bekerja secara sempurna.



6. Gunakan bahan bakar yang sesuai

Kebanyakan motor matic bisa 'meminum' bahan bakar jenis premium, namun disarankan agar menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi. Dengan begitu deposit sisa gas bakar dapat diminimalisir yang membuat pembakaran di motor matic kamu menjadi homogen yang menyebabkan penggunaan bahan bakar efisien.

7. Lakukan servis berkala agar kondisi komponen mesin motor matic kamu selalu dalam kondisi terbaiknya, hal ini tentu saja membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien.

Nah Feders, itulah langkah-langkah agar motor matic kamu irit bahan bakar, selamat mencoba. (federaloil.co.id)






 

Artikel Lainnya

Alex Marquez & Fabio Di
24 September 2023

Alex Marquez & Fabio Di

x Check if your product is genuine