Beranda / Berita / Dari

Dari Busi, Kamu Bisa Tahu Kondisi Mesin Kamu

Tanggal : , Penulis : adit

Dari Busi, Kamu Bisa Tahu Kondisi Mesin Kamu

Tugas utama busi pada mesin bakar adalah menyulut ledakan yang sudah dikompresi di ruang bakar, dari 'wajah' busi, pemilik kendaraan bisa mengetahui kondisi mesin motornya.

Jika kepala busi berwarna hitam, bisa dipastikan pembakaran yang terlalu kaya, atau bensin terlalu banyak. Dan jika disertai basah, maka telah terjadi kebocoran pada ring piston sehingga oli motor masuk ke ruang bakar.

Dan jika  kepala busi putih kekuningan, menunjukkan pembakaran yang terlalu kurus, atau bensin yang terlalu sedikit. Apalagi jika disertai sering mengalami overheat, maka sistem bahan bakar perlu disetel ulang. Tentunya segeralah ke bengkel terpercaya untuk memperbaikinya, sebelum kerusakan menjalar ke komponen lain atau lebih parah.

Pada sepeda mesin sepeda motor modern yang mengandalkan banyak sensor untuk mengoptimalkan kerjanya, langkah pemeriksaan diatas pun bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi pembakaran di motor kamu untk llebih meyakinkan bahwa mesin motor bekerja secara optimal dan bisa segera membawanya ke bengkel jika disinyalir ada masalah melalui warna dari kepala busi.

Busi sendiri ada masa pakainya, ada baiknya melakukan penggantian secara berkala 2 bulan sekali agar kondisi busi selalu dalam kondisi terbaiknya, karena jika busi sudah mulai lemah maka dipastikan pembakaran pun tidak akan homogen. (federaloil.co.id)




Foto   : www.naikmotor.com

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine