Beranda / Berita / Federal Oil

Aditif Yang Terkandung Dalam Oli Motor, Banyak Macam dan Fungsinya

Tanggal : , Penulis : adit

Aditif Yang Terkandung Dalam Oli Motor, Banyak Macam dan Fungsinya

Pelumas alias oli motor ternyata mengandung banyak aditif atau zat kimia yang memiliki berbagai macam kegunaan, tiap aditif ini wajib dimiliki tiap oli motor. Ingin tahu apa saja yang terkandung di dalam oli motor terbaik? Yuk  kita simak Feders.
 
Anti Oksidan, berfungsi mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul oli motor, hal ini yang membuat struktur oli motor tidak berubah. Lalu ada Detergent yang fungsinya untuk menjaga permukaan logam bebas kotoran. Nah kotoran tadi akan dikendalikan oleh Aditif Dispersant yang mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas.

Selanjutnya ada Aditif Anti Karat atau Anti Korosi yang merupakan komposisi penting yang berfungsi untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang berhubungan dengan oli motor, jika karat timbul didalam mesin, maka kinerja mekanis mesin akan terganggu.

Untuk meminimalisir gesekan dan keausan pada komponen yang bersinggungan di dalam mesin maka dibutuhkan Aditif Anti Wear. Kalau dijabarkan, aditif Anti Wear ada beberapa macam yang diformulasi sesuai kebutuhan mesin.

Aditif Friction Modifier dipakai meningkatkan tingkat kelicinan film oli motor dan oli matic. Kandungan Pour point despressant, menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah.  

Busa atau buih pada oli motor ataupun oli matic haram terjadi, maka itu diperluakan Aditif Anti Foam berfungsi mencegah terbentuknya busa pada pelumas. Jika terdapat busa pada oli, maka komponen Anti Wear jadi jadi tidak berfungsi.

Kemudian yang terakhir adalah aditif untuk menjaga viskositas (kekentalan) oli agar tetap stabil pada suhu rendah dan tinggi, ini merupakan kunci kinerja pelumas yang stabil. Pada saat mesin bekerja berat dengan suhu yang ekstrim, pelumas masih menjaankan tugasnya dengan baik.

Aditif tersebut diatas adalah yang terdapat didalam tiap kemasan Federal Oil yang kalian pakai Feders, oli motor terbaik produksi lokal dengan kualitas dunia. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine