Beranda / Berita / Persiapan

Persiapan Mudik Pakai Motor, Ini Urutannya

Tanggal : , Penulis : adit

Persiapan Mudik Pakai Motor, Ini Urutannya

Mudik adalah ritual tahunan untuk kembali ke kampung halaman, bersilaturahmi dengan orang tua beserta anggota keluarga maupun saudara-saudara yang lainnya dalam momen Hari Raya Idul Fitri. Karena momen itu, tak sedikit juga yang memilih sepedah motor sebagai sarana pulang kampung.

Murah dan tidak ribet, itu satu dari beberapa alasan kenapa banyak orang menggunakan sepeda motor. Namun karena sepeda motor bukan diciptakan sebagai alat transportasi untuk jarak jauh, maka Feders harus melakukan persiapan-persiapan sebelum perjalanan dan selalu extra hati-hati diperjalanan di perjalanan nanti. Berikut beberapa tips ketika Feders mudik menggunakan sepeda motor.

  • Cek mesin dan sistem rem juga kelengkapan lainnya seperti spion, lampu-lampu, lampu utama jauh dekat, lampu sein dan lampu belakang atau lampu rem. Jangan lupa juga cek oli-nya, baiknya dilakukan dulu check up ke bengkel langganan Feders.
  • Siapkan SIM atau STNK untuk dibawa dalam perjalanan, periksa masa berlaku surat-surat syarat berkendara tersebut, lakukan perpanjangan jika teryata salah satunya sudah hasib masa berlakunya. Bawa kunci atau peralatan secukupnya juga seperti obeng , kunci busi, tang, dll untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan teknis kendaraan.
     
  • Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya cek dan pelajari standard safety untuk jarak jauh. Pengendara maupun penumpang harus menggunakan helm standar, sepatu, jaket, masker, dan sarung tangan. Bawa bekal makanan / barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas. Satu motor maksimal 2 orang (pengendara + 1 pembonceng).
  • Siapkan jas hujan dan peranti lainnya untuk menghalau serangan air hujan. Persiapan ini sangat penting dan jangan sampai tertinggal lantaran kita tidak pernah bisa memprediksi cuaca selama perjalanan mudik berlangsung.
  • Selama dalam perjalanan sebaiknya pemudik sepeda motor istirahat cukup setiap empat jam. Makan dan minum yang cukup agar tubuh selalu fit selama dlm perjalanan (kecuali kalo perjalanan siang dan anda sedang berpuasa). Ingat Feders, mudik adalah perjalanan panjang jangan tunggu lelah untuk beristirahat.
  • Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan agar Feders selamat selama perjalanan mudik lebaran. peraturan lalu lintas dibuat untuk membuat tertib dan membuat para pemakai jalan dalam zona aman.

Utamakanlah keselamatan, bertoleransi antar pengguna jalan, dan nikmatilah perjalanan mudik Feders. Ingat keluarga anda dan orang-orang yang menyayangi anda menunggu di kampung halaman. (federaloil.co.id)

 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine