Beranda / Berita / Ini

Ini yang Harus Dilakukan Pasca Terabas Banjir

Tanggal : , Penulis : admin

Ini yang Harus Dilakukan Pasca Terabas Banjir

Foto : www.varioriders.com

Banjir yang menimpa kawasan Jabodetabek beberapa waktu lalu memang tak terduga. Banyak pula pemilik kendaraan utamanya sepeda motor yang tidak siap dengan keadaan ini. Dan dengan alasan tertentu, mereka pun nekat menerabas genangan air yang terbilang tinggi.

Komponen yang paling diantisipasi adalah kabel. Ya, kelistrikan adalah salah satu bagian yang cukup vital karena ini snagat sulit dibersihkan. Kalau sudah korslet, jelas harus diganti atau mengurut ulang kabel.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk agar motor kesayangan tetap prima setelah menerjang banjir.

1. Matikan motor

Ketika motor teremdam air segera matikan motor. Dan dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.

2. Buka mesin

Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.

3. Ganti oli

Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.

4. Rantai

Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.

5. Rem tromol

Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine